Senin, 23 Januari 2012

Download Silabus SD


Silabus pada hakikatnya menjelaskan secara singkat mengenai materi yang akan dibahas dari setiap mata kuliah dan tujuan yang hendak dicapai dari suatu perkuliahan, atau tahap belajar-mengajar.
atau dengan kata lain Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi, Kompetensi dasar dan indikator ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan pencapaian kompetensi untuk penilaian.
1. KD (Kompetensi Dasar) dituliskan dengan memakai Kata Kerja + Kata Benda, sehingga rumusnya adalah   KD=KK + KB
2. Indikator dituliskan dengan memakai Kata Kerja Operasional + Materi Essensial.
3. Materi Pokok adalah Kata Benda yang ada pada masing-masing Kompetensi Dasar (KD).
4. Kegiatan Pembelajaran isinya harus merupakan kegiatan siswa dan life skill yang terkait dengan kegiatan pembelajarannya, dan tidak perlu menggunakan kata-kata siswa dapat, tapi langsung pada kegiatan siswa.
5. Penilaian diisikan dengan jelas jika tes tertulis terdiri dari apa sajakah tertulisnya sesuaikan dengan uraian pada kolom indikator, apakah bisa ESSAY, PILIHAN GANDA, PENYUSUNAN LAPORAN atau lainnya yang sifatnya tertulis. Jika Tes-nya berbentuk Lisan demikian pula tes lisan nya apa saja.
6. Alokasi Waktu, biasanya menggunakan rumus perbandingan 1 2 4 yaitu pada TM (Tatap Muka) dikalikan 1 pada PS (Praktek di Sekolah) dikalikan 2 dan pada PI (Praktek di Industri) dikalikan 4
7. Sumber Belajar wajib dituliskan lengkap Judul Buku, Modul apa, yang ke-berapa serta Pengarang dan Penerbitnya.
DOWNLOAD SILABUS RPP KTSP  SD KELAS 1
DOWNLOAD SILABUS RPP KTSP SD KELAS 2
DOWNLOAD SILABUS RPP KTSP SD KELAS 3
DOWNLOAD SILABUS RPP KTSP SD KELAS 4
DOWNLOAD SILABUS RPP KTSP SD KELAS 5
DOWNLOAD SILABUS RPP KTSP SD KELAS 6
  1. Pendidikan Agama Islam
  2. Bahasa Indonesia
  3. Bahasa Inggris
  4. Kewarganegaraan
  5. Matematika 6a
  6. Matematika 6b
  7. IPS 6a
  8. IPS 6b
  9. IPA



Minggu, 15 Januari 2012

HASIL O2SN kecamatan Muara Tabir

Inilah Kontingen SDN 71/VIII yang mampu bersaing dengan SD yang lain. Maklum Persiapan kami hanya satu minggu jadi hanya mendapat 5 medali.

KONTINGEN O2SN SDN 71/VIII EMBACANG GEDANG

Sabtu, 14 Januari 2012 UPTD DIKBUDPORA Kec. Muara Tabir Kab. Tebo Jambi mengadakan O2SN yang digelar selama 1 hari penuh.
Inilah Kontingen dari SDN 71/VIII Embacang Gedang Yang ikut berpartisipasi:



KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI
Download Kisi-kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI Matematika  Tahun 2012 dalam file .doc silahkan klik link dibawah.
2.  MATEMATIKA  SD/MI
NO.KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Memahami konsep dan operasi hitung bilangan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hariSiswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan skala atau perbandingan lainnya. 
Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan dari besar ke kecil atau sebaliknya.
Disajikan dua buah bilangan, siswa dapat menentukan KPK atau FPB dalam bentuk faktorisasinya.
Disajikan tiga buah bilangan dua angka, siswa dapat menentukan FPB atau KPK-nya.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua.
Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat tiga dari suatu bilangan pangkat tiga.
Siswa dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penarikan akar pangkat tiga.
2.
Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas dan volume waktu serta penggunaannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hariSiswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan ukuran waktu dengan satuan yang berbeda atau ukuran panjang satuan panjang yang berbeda yang disajikan dalam soal cerita sederhana.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan satuan debit atau satuan volum.
Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan ukuran berat atau satuan luas.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.
3.
Memahami konsep, sifat dan unsur-unsur bangun geometri dapat menghitung besar-besaran yang terkait dengan bangun geometri (2D/3D) memahami konsep transformasi bangun datar, serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hariSiswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau sebaliknya.
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar yang disajikan.
Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada bangun ruang yang disajikan (titik sudut, sisi, atau rusuk).
Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan.
Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang.
Disajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang ditentukan siswa dapat menghitung luasnya.
Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari dua bangun datar sederhana.
Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal setengah lingkaran).
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volum kubus atau balok.
Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga dari suatu gambar yang ukurannya diketahui.
Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu gambar tabung yang ukurannya diketahui.
4.
Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalahDiberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa dapat menentukan koordinat salah satu titik.
5.
Memahami konsep pengumpulan data penyajian data dengan tabel dan grafik mengurutkan data rata-rata serta menerapkan dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hariSiswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar diagram batang yang disajikan (terbanyak, terendah selisih, dll).
Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram lingkaran yang disajikan (data dari persentase atau besar sudut tertentu).
Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel.
Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data yang disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran.
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data (rentang banyak data 6 – 10 data).
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data berbentuk tabel (banyak data kurang dari 20 data).
Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data berbentuk diagram batang.
Siswa dapat menentukan nilai median dari sekumpulan data tunggal yang disajikan.
Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang disajikan dalam bentuk soal cerita.
Siswa dapat menentukan nilai tertinggi atau terendah dari data yang disajikan.
Download Kisi-kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI Matematika  Tahun 2012 dalam file .doc silahkan klik disini

Download Prediksi SOAL UN kelas 6 2011/2012

Bagi para guru maupun peserta didik khususnya kelas 6 disediakan link download prediksi Ujian Nasional Sekolah Dasar (SD) tahun 2012. 
Silahkan klik link dibawah ini untuk mendownload prediksi soal UN 2011/2012 :
Soal Bahasa Indonesia + Kunci Jawaban 
Soal Bahasa Matematika + Kunci Jawaban 
Soal Bahasa IPA + Kunci Jawaban

semoga bermanfaat.

Download SILABUS dan RPP SLTP


Dalam membuat dan mempersiapkan RPP untuk sekolah dasar dan menengah kita haruslah mengacu pada peraturan yang ada dan telah di legitimasi oleh pihak yang berwewenang dalam hal ini pemerintah. Berdasar PERMENDIKNAS NOMOR 41 TAHUN 2007 Tentang STANDAR PROSES UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH, RPP yang di buat oleh guru harus memenuhi 11 komponen RPP dan Prinsip-prinsip penyusunannya.
RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.

Di bawah ini adalah link untuk mendownload SILABUS RPP SMP GRATIS sebagai bahan perbandingan dan perbaikan silabus dan RPP Anda. File yang Anda download menggunakan file (rar |zip) sehingga untuk membuka file tersebut komputer anda harus sudah terinstal softwer Winrar atau Winzip.
  1. SILABUS RPP AGAMA ISLAM SMP [KLIK DISINI]
  2. SILABUS RPP PKN SMP [KLIK DISINI]
  3. SILABUS RPP BHS. INDONESIA SMP [KLIK DISINI]
  4. SILABUS RPP MATEMATIKA SMP [KLIK DISINI]
  5. SILABUS RPP IPA SMP [KLIK DISINI]
  6. SILABUS RPP IPS SMP [KLIK DISINI]
  7. SILABUS RPP BHS. INGGRIS SMP [KLIK DISINI]
  8. SILABUS RPP AGAMA KRISTEN SLTP [KLIK DISINI]

Download SILABUS dan RPP



Guru merupakan komponen penting yang menunjang keberhasilan program kegiatan sekolah. Semua komponen yang ada di sekolah tidak dapat dimanfaatkan secara optimal bagi pengembangan proses pembelajaran tanpa didukung oleh guru yang bekerja secara profesional. Dalam pembelajaran memerlukan guru yang kreatif baik dalam menyiapkan kegiatan belajar bagi anak, juga dalam memilih kompetensi dari berbagai mata pelajaran dan mengaturnya agar tercapai pembelajaran seperti yang diamanatkan dalam PP No. 19 tahun 2005. Dalam pasal 19 PP No. 19 tahun 2005 dinyatakan bahwa “proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik”.
Oleh karena itu guru perlu melakukan persiapan mengajar dengan baik. Silabi adalah salah satu kelengkapan administrasi guru yang seharusnya disusun oleh guru yang bersangkutan sebelum melaksanakan pembelajaran. Silabus disusun sebagai acuan bagi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), melaksanakan pembelajaran, dan melakukan penilaian dalam pembelajaran.

SILABUS & RPP bertujuan untuk memberikan pedoman kepada para kepala sekolah, guru, dan pembina pendidikan lainnya dalam memahami dan melaksanakan Standar Nasional Pendidikan, khususnya tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan.

Berikut Link File Silabus dan RPP versi 1: 
AGAMA ISLAM SD-MI.doc
AGAMA KRISTEN SD.doc
AGAMA KATOLIK SD.doc
AGAMA HINDU SD.doc
AGAMA BUDDHA SD.doc
RPP .doc
PEDOMAN PENILAIAN SD.doc
SILABUS TEMATIK KLS 1.doc
SILABUS TEMATIK KLS 2.doc
SILABUS TEMATIK KLS 3.doc
SILABUS KELAS IV.doc
SILABUS KELAS V.doc
SILABUS KELAS VI.doc
SKKD B INGGRIS SD/MI.rtf
SKKD Kelas I.doc
SKKD Kelas II.doc
SKKD Kelas III.doc
SKKD Kelas IV.doc
SKKD Kelas V.doc
SKKD Kelas VI.doc
SKKD Penjas SDMI.doc
SKL-SD Ddk.doc
Standar Isi Ddk.doc
Tematik 1A/1. AKU DAN KELUARGAKU 1A.doc
Tematik 1A/2. LINGKUNGAN RUMAHKU 1A.doc
Tematik 1A/3. TMPT UMUM 1A.doc
Tematik 1A/4. KESEHATAN, KEBERSIHAN, DAN KEAMANAN 1A.doc
Tematik 1A/5. ALAT TRANSPORTASI 1A.doc
Tematik 1A/6. ALAT KOMUNIKASI 1A.doc
Tematik 1A/pendahuluan.doc
Tematik 2A/1. HIDUP HEMAT 2A.Doc
Tematik 2A/2. HAK & KEWAJIBAN 2A.Doc
Tematik 2A/3. TEMPAT UMUM.Doc
Tematik 2A/4. SALING MENGHORMATI.Doc
Tematik 2A/5. KEPERLUAN MANUSIA.Doc
Tematik 2A/6. LINGKUNGAN.Doc
Tematik 2A/pendahuluan.doc
Tematik 3A/1. NORMA MASYARAKAT 3A.doc
Tematik 3A/2. RUMAHKU 3A.doc
Tematik 3A/3. KERJA SAMA 3A.doc
Tematik 3A/4. LINGKUNGAN DESA & KECAMATAN 3A.doc
Tematik 3A/5. PERSATUAN DAN KESATUAN 3A.doc
Tematik 3A/6. MAKHLUK HIDUP 3A.doc
Tematik 3A/KERJA SAMA 3A.doc
Tematik 3A/Pendahuluan 3A.doc

Berikut List File Silabus dan RPP versi 2:
Cakrawala Sosial SD 1B R1.pdf
Cakrawala Sosial SD 2B R1.pdf
Cakrawala Sosial SD 3B R1.pdf
Cakrawala Sosial SD 4B R1 1.pdf
Cakrawala Sosial SD 4B R1 2.pdf
Cakrawala Sosial SD 4B R1 3.pdf
Cakrawala Sosial SD 5B R1 1.pdf
Cakrawala Sosial SD 5B R1 2.pdf
Cakrawala Sosial SD 5B R1 3.pdf
Cakrawala Sosial SD 6B R1 1.pdf
Cakrawala Sosial SD 6B R1 2.pdf
Cakrawala Sosial SD 6B R1 3.pdf
Gemar Berhitung SD 1B R1 1.pdf
Gemar Berhitung SD 1B R1 2.pdf
Gemar Berhitung SD 1B R1 3.pdf
Gemar Berhitung SD 2B R1 1.pdf
Gemar Berhitung SD 2B R1 2.pdf
Gemar Berhitung SD 3B R1 1.pdf
Gemar Berhitung SD 3B R1 2.pdf
Gemar Berhitung SD 3B R1 3.pdf
Gemar Berhitung SD 4B R1 1.pdf
Gemar Berhitung SD 4B R1 2.pdf
Gemar Berhitung SD 4B R1 3.pdf
Gemar Berhitung SD 5B R1 1.pdf
Gemar Berhitung SD 5B R1 2.pdf
Gemar Berhitung SD 6B R1 1.pdf
Gemar Berhitung SD 6B R1 2.pdf
Gemar Berhitung SD 6B R1 3.pdf
Jendela IPA SD 3B R1 1.pdf
Jendela IPA SD 3B R1 2.pdf
Jendela IPA SD 4B R1 1.pdf
Jendela IPA SD 4B R1 2.pdf
Jendela IPA SD 5B R1 1.pdf
Jendela IPA SD 5B R1 2.pdf
Jendela IPA SD 6B R1 1.pdf
Jendela IPA SD 6B R1 2.pdf
active english sd 1.pdf
active english sd 2.pdf
active english sd 3.pdf
active english sd 4.pdf
active english sd 5.pdf
active english sd 6.pdf
cakrawala sosial sd 1A R1.pdf
cakrawala sosial sd 2A R1.pdf
cakrawala sosial sd 3A R1.pdf
cakrawala sosial sd 4A R1.pdf
cakrawala sosial sd 5A R1.pdf
cakrawala sosial sd 6A R1.pdf
cinta bhs sd 1A R1.pdf
cinta bhs sd 2A R1.pdf
cinta bhs sd 3A R1.pdf
cinta bhs sd 4A R1.pdf
cinta bhs sd 5A R1.pdf
cinta bhs sd 6A R1.pdf
dokumen I sd.pdf
gemar berhitung sd 1A R1.pdf
gemar berhitung sd 2A R1.pdf
gemar berhitung sd 3A R1.pdf
gemar berhitung sd 4A R1.pdf
gemar berhitung sd 5A R1.pdf
gemar berhitung sd 6A R1.pdf
gemar bhs sd 1.pdf
gemar bhs sd 2.pdf
gemar bhs sd 3.pdf
gemar bhs sd 4.pdf
gemar bhs sd 5.pdf
gemar bhs sd 6.pdf
jendela ipa sd 1 R1.pdf
jendela ipa sd 2 R1.pdf
jendela ipa sd 3A R1.pdf
jendela ipa sd 4A R1.pdf
jendela ipa sd 5A R1.pdf
jendela ipa sd 6A R1.pdf
khaz islam sd 1 R1.pdf
khaz islam sd 2 R1.pdf
khaz islam sd 3 R1.pdf
khaz islam sd 4 R1.pdf
khaz islam sd 5 R1.pdf
khaz islam sd 6 R1.pdf
pend kwgn sd 1 R1.pdf
pend kwgn sd 2 R1.pdf
pend kwgn sd 3 R1.pdf
pend kwgn sd 4 R1.pdf
pend kwgn sd 5 R1.pdf
pend kwgn sd 6 R1.pdf