Minggu, 30 September 2012

Guru Harus Tanamkan Budi Pekerti


Guru Harus Tanamkan Budi Pekerti

Jum'at, 28 September 2012 08:22 wib
Foto dok : berbagiterbaru.blogspot.com
Foto dok : berbagiterbaru.blogspot.com
JAKARTA - Anggota Komisi X DPR Tubagus Dedi Gumelar mengaku setuju dengan penghapusan IPA IPS di SD. Sebab SD merupakan jenjang sekolah yang paling dasar.

"Di mana guru seharusnya menanamkan budi pekerti dan tidak mendorong siswa menjadi seorang Einstein," ujar dia, di Jakarta.

Dia meminta, mata pelajaran Bahasa Indonesia harus ditanamkan di SD sebagai simbol mesim berjalannya Indonesia. Lalu Pancasila yang harus diurai dari sila pertama hingga lima.

Sekolah juga harus mengajarkan Kesenian yang dapat menghaluskan budi pekerti. “Kurikulum harus menyeimbangkan kecerdasan akal dan jiwa anak,” imbuh politikus dari Fraksi PDIP ini.

Pemerintah akan menghapus pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPA IPS) di SD dan menggantinya dengan pelajaran sikap. Revisi ini nantinya berlanjut ke SMP dan SMA.

Sebelumnya, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Khairil Anwar mengatakan, dari hasil diskusi yang berkembang di kementerian maka pelajaran di sekolah tingkat dasar akan lebih ditekankan kepada bagaimana membentuk anak yang disiplin, jujur dan bersih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar